Jumat, 03 Agustus 2018

Dunia Pendidikan Dan Dunia Mendidik

Tahun pengajaran baru telah dimulai. Orang tua-orang tua yang anak-anak mereka yang telah akan memasuki tingkat pendidikan tertentu tentu telah mulai merasa agak lega karena anak-anak mereka telah bisa menduduki bangku sekolah yang dharapkan.

Begitu juga dengan sekolah-sekolah yang sibuk dengan urusan penerimaan siswa baru yang memang rutinitas tahunan, juga mulai bersibuk diri dengan kurikulum-kurikulum dan segala jenis administrasi yang perlu dipersiapkan.

Alangkah sibuknya institusi pendidikan setiap tahunnya dan betapa capek dan repotnya guru-guru untuk mempersiapkan pengajaran setiap tahunnya. Sungguh suatu pekerjaan yang termasuk melelahkan dan cukup berat. Tapi itulah yang guru-guru lakukan demi kemajuan pendidikan anak-anak generasi penerus bangsa ini.

Ada sisi lain yang juga cukup menarik untuk diperhatikan dengan sibuk dan beratnya proses pekerjaan tersebut di atas. Salah satunya adalah dengan bertambahnya kegiatan rutinitas tersebut berupa kegiatan pengadaan baju seragam oleh sekolah-sekolah dan pernak perniknya. Kalau dilihat dari kegiatan pengadaan seragam tersebut, dapat dipahami bahwa tentunya telah dilakukan perencanaan dari jauh-jauh hari dengan anggaran tertentu. Hasil akhir yang diharapkan dari kegiatan ini tentulah bahwa nantinya adanya keseragaman dalam pakaian untuk semua anak didik yang ada di sekolah tersebut. Tapi ada hasil lain yang juga akan didapatkan dari kegiatan pengadaan ini yaitu keuntungan secara ekonomi.

Bagi yang tidak berada di dalam ruang ini, kegiatan pengadaan ini bisa saja dipahami sebagai cara sekolah untuk mendapatkan anggaran tambahan demi membiayai kegiatan belajar mengajar karena anggaran yang diterima oleh sekolah dari pemda masih dirasa kurang. Sungguh sangat memprihatinkan, di satu sisi pemerintah sedang menggalakkan wajib belajar, sementara di sisi lain anggaran yang diterima sekolah belum memadai sehingga sekolah-sekolah masih harus “berjualan baju seragam” demi memenuhi kekurangan anggarannya.


Barangkali sudah saatnya bagi yang berwenang untuk bisa melihat fenomena ini sebagai suatu hal yang serius untuk dicarikan jalan yang terbaik agar kegiatan-kegiatan seperti ini tidak menjadi kegiatan yang bersifat negatif dan memberikan nilai yang tidak positif bagi dunia pendidikan.
Share:

0 komentar:

TRENDING TOPICS

featured video

Unordered List

Definition List