Senin, 22 Juli 2019

Contoh dan mamfaat perkebangbiakan vegetatif pada tanaman


 Contoh perkebangbiakan vegetatif pada tanaman

Adapun didalam Pengertian Perkembangbiakan Vegetatif Alami Pada Tumbuhan adalah suatu perkembangbiakan aseksual yg dapat terjadi tanpa adanya campur tangan dari pihak lainnya seperti manusia. Langsung saja bisa kalian lihat beberapa Contoh Perkembangbiakan Vegetatif Alami pada Tumbuhan antara lain :
1. Umbi Batang
Perkembangbiakan Vegetatif Alami pada Tumbuhan memakai sistem Umbi Batang ialah dengan cara batang yg tumbuhnya berada didalam tanah, dimana batangnya akan mengembang, lalu bisa membentuk suatu umbi dan Fungsi Umbi inilah yg dpt dipakai sebagai tempat menyimpan suatu Cadangan Makanan dalam bentuk Karbohidrat. Contoh Umbi Batang ini antara lain :
– Kentang
– Bengkuang
– Ubi Jalar, dan lain lain
2. Umbi Lapis
Umbi Lapis ini adalah pelepah daun yg memiliki bentuk berlapis – lapis, pada bagian atasnya akan tumbuh serta di bagian bawahnya akan tumbuh akar yg disebut dengan serabut. Contoh Umbi Lapis ini antara lain
– Bawang Merah
– Bawang Putih
– Bunga Bakung
– Bunga Tulip
3. Umbi Akar
Umbi Akar ini adalah akar yang dijadikan sebagai tempat cadangan makanannya. Contoh Umbi Akar ini antara lain :
– Singkong
– Wortel
– Lobak
– Tanaman Tahlia
4. Akar Tinggal
Akar Tinggal ini adalah batang yg tumbuhnya menjalar pada bagian permukaan tanah, dan beberapa Contoh Akar Tinggal ini antara lain :
– Lengkuas
– Jahe
– Kunyit
– Kencur

5. Geragih atau Stolon
Geragih atau Stolon ini adalah suatu batang yg tumbuh secara mendatar di bagian permukaan tanah, di bagian tumbuhan yg menyentuh tanah tersebut nantinya akan tumbuh akarnya dan bagian akarnya inilah yg dpt ditanam kembali. Beberapa Contoh Geragih dan Stolon ini antara lain
– Stroberi
– Antanan
– Arbei
– Rumput Teki
6. Tunas
Tunah ini adalah tunas dari tumbuhan induknya lalu memjadi tunas yg baru serta tentunya bisa ditanam kembali. Beberapa Contoh Tunas ini antara lain
– Bambu
– Tebu
– Pisang
7. Tunas Adventif
Tunas Adventif ini ialah tunas yg tumbuh pada bagian tepi daun akan tumbuh akar. Salah satu Contoh Tunas Adventif ini ialah tanaman cocor bebek, dan Cocor Bebek ini sangatlah mudah untuk ditanam karena cukup diletakkan di Tanah pada Daun yang sudah Tua, nanti akan Tumbuh Tunas – Tunas yg baru.

  
Manfaat Perkembangbiakan Vegetatif

1.      Bisa Berbuah Dalam Waktu Cepat
Jika dibandingkan dengan perkembangbiakan secara generatif, menggunakan perkembangbiakan vegetatif akan lebih cepat dari segi waktu. Hal ini terjadi karena perkembangbiakan yang dilakukan merupakan secara langsung dan tidak diawali dari perkembangan tanaman dari mulai kecil hingga besar. Untuk itu, tanaman buah, sayur atau bunga yang menggunakan metode vegetatif ini bisa menghasilkan buah lebih cepat dibandingkan generatif.
2.                  Menghasilkan Buah yang Banyak
Menggunakan perkembangbiakan vegetatif juga bisa memberi keuntungan karena selain tanaman yang akan lebih cepat berbuah, namun total buah yang dihasilkan dari perkembangbiakan vegetatif ini juga banyak sehingga akan memberi keuntungan bagi penanamnya sehingga bisa mendapatkan banyak manfaat buah buahan.
3.                  Memiliki Sifat keturunan Sama
Keuntungan berikutnya dari perkembangbiakan vegetatif adalah bisa memberikan sifat keturunan yang sama dengan induk. Sebagai contoh jika induk merupakan tanaman dengan buah yang manis serta warna bagus, maka tentunya akan menghasilkan anak yang sama seperti induk. Hal ini tentunya berbeda dengan perkembangbiakan generatif yang bisa menghasilkan anak atau penerus berbeda dengan induknya.
4.                  Bisa Dilakukan Secara Kombinasi
Terkadang, pemilik tanaman juga menginginkan sifat yang berbeda beda untuk setiap tanaman yang ditanam. Agar bisa menghasilkan warna yang segar sekaligus manfaat buah buahan dengan rasa yang manis, maka perkembangbiakan vegetatif ini bisa cocok digunakan sebab akan menghasilkan sifat baik seperti yang diharapkan.
5.                  Menghasilkan Tumbuhan Baru
Seperti perkembangbiakan secara generatif, perkembangbiakan secara vegetatif juga bisa menghasilkan tanaman atau tumbuhan yang baru seperti manfaat bunga begonia. Stek yang merupakan salah satu perkembangbiakan vegetatif buatan ini bisa menghasilkan tumbuhan baru yakni dengan cara memotong bagian tumbuhan kemudian langsung ditanam pada tanah.
6.                  Tumbuhan Tumbuh Lebih Pendek
Mencangkok yang merupakan salah satu perkembangbiakan vegetatif buatan dengan cara mengupas kulit batang lalu dibungkus dengan tanam humus seperti jeruk, rambutan, apel, nangka, jambu dan beberapa tanaman lainnya bisa memberikan keuntungan berupa ukuran tinggi tanaman yang lebih pendek jika dibandingkan dengan perkembangbiakan generatif. Hal ini tentunya sangat berguna bagi pemilik agar bisa panen lebih mudah sekaligus tidak membutuhkan lahan yang luas untuk menanam serta tidak membutuhkan manfaat tanah subur agar bisa tumbuh.
7.                  Tingkat Keberhasilan Tanam Lebih Tinggi
Menggunakan perkembangbiakan vegetatif khususnya buatan seperti merunduk, mencangkok, stek dan okulasi nantinya juga bisa membuat tingkat keberhasilan tanam tumbuhan tersebut lebih tinggi dibandingkan dengan perkembangbiakan generatif sehingga tanaman tersebut bisa diperbanyak dengan lebih cepat dan mudah.


Share:

0 komentar:

TRENDING TOPICS

featured video

Unordered List

Definition List