Rabu, 10 Oktober 2018

12 Tips Kesehatan Aneh-Tapi-Benar

12 Tips Kesehatan Aneh-Tapi-Benar


Banyak metode untuk meningkatkan kesehatan kita cukup mudah; seperti cara menurunkan berat badan maka makan lebih sedikit dan berolahraga lebih banyak; untuk meningkatkan energi , agar tidur lebih baik; untuk mencegah dehidrasi maka minum lebih banyak air. Namun, yang lainnya benar-benar berlawanan dengan intuisi. 12 tips berikut benar-benar berhasil — tetapi mereka mungkin membuat Anda menggaruk-garuk kepala.


1.    Minum kopi untuk tidur siang yang lebih baik

Dalam sebuah penelitian di Jepang yang meneliti cara untuk bisa  tidur siang lebih banyak, orang-orang yang "tidur siang" —mengonsumsi sekitar 200 miligram kafein (jumlah dalam  satu hingga dua cangkir kopi) dan kemudian segera mengambil istirahat 20 menit.  akan merasa lebih waspada dan berkinerja lebih baik pada tes komputer daripada mereka yang hanya tidur siang.
Kenapa ini bisa berfungsi? Tidur siang selama 20 menit berakhir tepat ketika kafein menendang masuk dan membersihkan otak dari sebuah molekul yang disebut adenosine, yang memaksimalkan kewaspadaan. "Adenosine adalah produk sampingan dari kesadaran dan aktivitas," kata Allen Towfigh, MD, direktur medis dari New York Neurology & Sleep Medicine. "Ketika tingkat adenosin meningkat, kita menjadi lebih lelah. Tidur siang membersihkan adenosin dan, ketika dikombinasikan dengan kafein, pemblokir adenosin, lebih jauh mengurangi efeknya dan memperkuat efek dari tidur siang."

2.       Untuk gigi sehat, jangan sikat setelah makan

Jangan menyikat gigi segera setelah makan dan  minum, terutama jika setelah mengkonsumsi makanan asam. Makanan asam — buah jeruk, minuman olahraga, tomat, soda (baik diet maupun biasa) —dapat melunakkan email gigi," kata Howard R. Gamble, mantan presiden Akademi Kedokteran Gigi. Menyikat gigi pada tahap ini dapat mempercepat efek asam pada email gigi  dan mengikis lapisan di bawahnya. Gamble menyarankan menunggu 30 hingga 60 menit sebelum menyikat.

3.       Untuk bisa memakai ukuran lebih kecil, tambahlah berat badan

Berat otot, itulah kuncinya.  Jika dua wanita memiliki berat 150 pon dan hanya satu yang melakukan latihan angkat beban, yang melakukan latihan angkat beban sepertinya akan memiliki ukuran celana yang lebih kecil daripada rekannya yang tidak aktif latihan. Padahal , seorang wanita dengan berat 150 pon dan aktif latihan  mengangkat beban bisa saja mengenakan ukuran yang sama dengan wanita seberat 140 pon yang tidak berolahraga. Alasannya: Meskipun satu pon lemak beratnya sama dengan satu pon otot, otot mengambil lebih sedikit ruang, kata Mark Nutting, direktur kebugaran SACO Sport & Fitness di Saco, Maine. "Anda bisa mendapatkan otot yang lebih besar dan menjadi lebih kecil secara keseluruhan jika Anda kehilangan lemak," katanya. " Sebagian besar wanita takut jika yang terjadi adalah lemak dibadan tidak hilang dan malah menambah besar  massa otot"  Kurangi kalori dan tambahkan berat beban ke latihan Anda untuk menurunkan berat badan.

4.       Untuk mengurangi porsi makan , maka makan lebih banyak

Memakanh camilan 100 kalori dari kue atau pretzel terlihat sebagai pilihan yang tepat, tetapi itu lebih mungkin membuat Anda merasa lebih lapar daripada jika Anda makan sesuatu yang lebih substansial, kata Amy Goodson, RD, ahli diet untuk Kedokteran Ben Hogan Sports Medicine Texas. "Makan karbohidrat dalam jumlah sedikit tidak lain hanyalah meningkatkan gula darah dan membuat Anda menginginkan lebih banyak karbohidrat." Goodson merekomendasikan memilih protein seperti selai kacang atau keju string dengan apel. "Mereka lebih tinggi dalam kalori per porsi, tetapi protein dan lemak membantu Anda menjadi lebih cepat dan tetap kenyang lebih lama — dan Anda akhirnya mengonsumsi lebih sedikit kalori secara keseluruhan," katanya.

5.       Lewatkan minuman energi saat Anda lelah

Minuman energi mengandung hingga lima kali lebih banyak kafein daripada kopi, tetapi dorongan yang mereka berikan cepat berlalu dan datang dengan efek samping yang tidak menyenangkan seperti gugup, iritabilitas, dan detak jantung yang cepat, kata Goodson. Plus, minuman energi sering mengandung taurin tingkat tinggi, stimulan sistem saraf pusat, dan lebih dari 50 gram gula per kaleng (itu layaknya 13 sendok teh !). Makanan manis itu memicu kenaikan gula darah sementara, dan akan menurun lagi secepatnya , membuat  Anda menjadi lemas lagi, kemudian memancing Anda lagi untuk mengkonsumsi minuman berenergi lain.

6.       Minumlah air saat Anda kembung

Ketika Anda merasa kembung, minum air sepertinya itu hanya akan membuat keadaan menjadi lebih buruk, tetapi hal ini sering dapat membantu, kata James Lee, MD, gastroenterolog pada  Rumah Sakit St. Joseph di Orange, California. Jika Anda menjalani diet tinggi serat , misalnya, maka tubuh Anda membutuhkan lebih banyak air untuk bekerja lebih efisien, kata Dr. Lee. "Air bercampur dengan serat larut air dan membuatnya menjadi zat seperti gel. Ini memengaruhi motilitas usus dan mengurangi gejala kembung." Minum lebih banyak air juga mengurangi kembung yang disebabkan oleh dehidrasi. Ketika Anda mengalami dehidrasi, tubuh Anda menempel pada air yang dimiliki tubuh Anda, menyebabkan Anda terengah-engah.

7.       Minum soda diet untuk menurunkan berat badan

Anda harus membuang semua soda, termasuk diet. Penelitian dari Johns Hopkins Bloomberg School of Public Health mengungkapkan bahwa orang dewasa yang kelebihan berat badan dan obesitas yang minum minuman diet makan lebih banyak kalori dari makanan daripada mereka yang minum soda biasa. Selain itu, sebuah penelitian di University of Texas menemukan bahwa peminum soda diet memiliki peningkatan 70% lebih besar dalam lingkar pinggang daripada non-peminum selama sekitar 10 tahun. "Selain itu, banyak orang berpikir 'rendah lemak', 'rendah gula', atau 'ringan' berarti lebih sedikit kalori, tetapi itu tidak selalu benar," kata Goodson. "Biasanya ketika produsen memotong sesuatu dan hasil akhirnya rasanya sama baiknya, mereka telah menambahkan sesuatu seperti gula tambahan."

8.       Minum minuman panas untuk mendinginkan

Yang akan mendinginkan Anda lebih cepat pada pagi musim panas : es kopi atau kopi panas? Dua penelitian terbaru mengatakan yang terakhir — dan begitu juga budaya lain di mana minum teh hangat dalam cuaca panas adalah norma, seperti di India. Ketika Anda meminum minuman panas, tubuh Anda merasakan perubahan suhu dan meningkatkan produksi keringat Anda. Kemudian, ketika keringat menguap dari kulit Anda, Anda mendinginkan diri secara alami.

9.       Berolahragalah saat Anda lelah

Setelah hari kerja yang panjang dan melelahkan, berolahraga terdengar seperti hal terakhir yang ingin Anda lakukan, tetapi keringat Anda akan benar-benar membuat Anda bersemangat. Kelelahan yang bersamaan dengan suasana hati dan tekanan membaik setelah sesi latihan intensif yang cukup selama 30 menit, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Kedokteran dan Sains dalam Olahraga dan Latihan. "Semua yang kita lakukan menggunakan oksigen, jadi ketika Anda berolahraga, itu membantu Anda bekerja lebih efisien dan Anda tidak mudah  lelah," kata Nutting. "Kita secara mental juga jadi  lebih baik."

10.   Tulis catatan tangan untuk meningkatkan kekuatan otak

Dengan mengetik  memungkinkan Anda untuk mencatat lebih banyak  hal, tetapi Anda akan lebih mengingat jika Anda menuliskannya dengan tangan, menurut penelitian dari Indiana University. "Untuk mempelajari sesuatu berarti Anda telah memprosesnya," kata Dr. Towfigh. "Dan ketika Anda meulisan dengan tangan, Anda 'memproses' atau mempelajari lebih banyak informasi. Anda memulai proses pembelajaran ketika Anda mendengarkan ceramah." Plus, karena Anda melihat halaman di mana Anda menulis, Anda secara alami meninjau materi dan memperkuat informasi yang sudah Anda proses, Dr. Towfigh mengatakan.

11.   Untuk meningkatkan hubungan Anda, habiskan lebih sedikit waktu bersama

Menyibukkan diri dari satu kegiatan ke kegiatan yang lain tanpa ada waktu untuk berleha-leha dapat mengorbankan kualitas hubungan Anda. Meluangkan waktu sendirian memungkinkan Anda untuk memahami pikiran Anda daripada bertindak secara impulsif dan, sebagai hasilnya, Anda lebih mengenal diri sendiri, kata Elizabeth Lombardo, PhD, penulis buku Better Than Perfect: 7 Strategi untuk Menghancurkan Kritik Batin Anda dan Menciptakan Kehidupan Cinta Anda. "Kesendirian memungkinkan Anda untuk lebih dekat dengan diri sendiri dan dapat memberi dan menerima lebih baik," kata Lombardo. "Selain itu, mengurangi stres dan kecemasan, yang juga bisa berkontribusi pada tekanan dari  hubungan tersebut." Bermeditasi, berjalan-jalan, duduk di kafe dan menonton orang-orang, atau bahkan membersihkan lemari Anda, dia menyarankan.

12.   Buang sabun antibakteri untuk mencegah penyakit

Dengan menggunakan sabun berlabel "antibakteri" belum tentu  akan mengurangi risiko sakit atau penyakit yang menimpa orang lain — faktanya, tidak ada bukti bahwa sabun antibakteri lebih efektif daripada sabun biasa. Terlebih lagi, paparan jangka panjang untuk beberapa bahan dalam produk ini, seperti triclosan, dapat menimbulkan risiko kesehatan seperti resistensi bakteri atau efek hormonal, menurut pernyataan FDA 2013. Lebih banyak penelitian tentang efek triclosan diperlukan, dan sementara itu, FDA bekerja untuk mewajibkan produsen untuk membuktikan bahwa produk mereka aman untuk penggunaan jangka panjang — dan negara bagian Minnesota telah melarang produk yang mengandung triclosan sama sekali, yang masuk ke dalam peraturan pada tahun 2017.

Share:

0 komentar:

TRENDING TOPICS

featured video

Unordered List

Definition List